Selasa, 20 Mei 2014

contoh angket pengaruh intensitas penggunaan internet terhadap prestasi mahasiswa




Pengantar Angket
Kepada
Yth. Mahasiswa Kependidikan Islam angkatan 2011
Di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Dengan Hormat,
Di tengah-tengah kesibukan anda dalam belajar, izinkan saya memohon bantuan anda untuk mengisi angket ini, angket ini dipergunakan untuk penelitian saya yang berjudul “Pengaruh Intensitas Pengunaan Internet Sebagai Sumber Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”
Jawaban yang anda berikan akan dirahasiakan, jawablah sesuai dengan keyakinan dan keadaan yang anda rasakan. Oleh karena itu ketulusan dan kejujuran anda dalam memberikan jawaban sangat saya harapkan.
Penelitian ini tidak akan berarti tanpa bantuan anda. Atas bantuan dan kerjasamanya  saya ucapkan terimakasih.

Hormat saya,
Siti Nadhiroh










ANGKET
PENGARUH INTENSITAS PENGUNAAN INTERNET SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN KEPENDIDIKAN ISLAM FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
Petunjuk Pengisian :
1.      Isilah nama, NIM dan IPK di tempat yang telah disediakan
2.      Bacalah pertanyaan dengan baik
3.      Jawablah sesuai dengan keadaan dan pendapat anda pada tempat yang tersedia
4.      Jawaban anda tidak ada yang benar atau salah karena ini bukan ujian atau tes
5.      Anda tidak perlu kerjasama dalam mengisinya
6.      Jawaban anda dijamin kerahasiaanya
7.      Keterangan:
Tidak Pernah               : Belum pernah melakukan sama sekali
Jarang                          : Pernah melakukan tapi hanya sekali dua kali
Kadang-kadang          : antara jarang dan sering
Sering  : Melakukan berkali-kali namun terdapat selang waktu yang cukup jauh
Selalu  : Melakukan berkali-kali dengan selang waktu yang relatif pendek


Nama Lengkap

NIM

IPK



Butir pernyatan
I.                   Pada bagian ini  anda diminta untuk memberikan nilai (1  hingga 5)  terkait
penilaian  anda  terhadap  internet  dengan cara memberikan tanda bintang (*) pada pilihan yang sudah disediakan di bawah ini
v  Internet adalah...
1.      Membosankan             1   2   3   4   5              menarik
2.      Sulit                             1   2   3   4   5              mudah
3.      Berisiko                       1   2   3   4   5              aman
4.      Tidak berguna             1   2   3   4   5              berguna


II.                Pada bagian pertama ini anda diminta memberikan pendapat anda tentang intensitas waktu penggunaan internet dengan cara memberikan tanda silang (X) pada pilihan yang sudah disediakan di bawah ini.
5.      Saya menggunakan internet dalam kegiatan belajar.
1)      Tidak pernah
2)      Jarang
3)      Kadang-kadang
4)      Sering
5)      Selalu

6.      Saya menggunakan internet untuk mencari materi kuliah.
1)      Tidak pernah
2)      Jarang
3)      Kadang-kadang
4)      Sering
5)      Selalu       

7.      Saya menggunakan internet untuk mengerjakan tugas dari dosen.
1)        Tidak pernah
2)        Jarang
3)        Kadang-kadang
4)        Sering
5)        Selalu

8.      Saya menyempatkan diri menggunakan internet setiap hari.
1)      Tidak pernah
2)      Jarang
3)      Kadang-kadang
4)      Sering
5)      Selalu

9.      Seberapa sering anda menggunakan internet dalam seminggu?
a.       1-2 kali perminggu
b.      3- 4kali perminggu
c.       5-6 kali perminggu
d.      7-8 kali per minggu
e.       Lebih dari 9 kali perminggu

10.  Berapa lama anda menggunakan internet dalam sehari?
a.       Kurang dari 1 jam            
b.      1 jam -3 jam                     
c.       4 jam-6 jam
d.      7  jam -9 jam
e.       Lebih dari 10 jam
III.             Pada bagian ini anda diminta memberikan pendapat anda tentang aktivitas  penggunaan internet dengan cara memberikan tanda silang (X) pada pilihan yang sudah disediakan di bawah ini

11.  Setujukah anda jika internet digunakan untuk memperoleh informasi atau berita online.
1)      Sangat tidak setuju
2)      Tidak setuju
3)      Ragu-ragu
4)      Setuju
5)      Sangat setuju

12.  Setujukah anda jika internet digunakan untuk kesenangan menghabiskan waktu luang.
1)        Sangat tidak setuju
2)        Tidak setuju
3)        Ragu-ragu
4)        Setuju
5)        Sangat setuju

13.  Setujukah anda jika internet digunakan untuk mengirim atau menerima pesan.
1)        Sangat tidak setuju
2)        Tidak setuju
3)        Ragu-ragu
4)        Setuju
5)        Sangat setuju

14.  Setujukah anda jka internet digunakan untuk transaksi membeli produk.
1)                   Sangat tidak setuju
2)                   Tidak setuju
3)                   Ragu-ragu
4)                   Setuju
5)                   Sangat setuju








IV.             Pada bagian ini  anda diminta untuk memberikan nilai (1  hingga 5)  terkait jenis layanan yang ada dalam internet  dengan cara memberikan tanda centang (√) pada kolom kriteria pilihan di bawah ini
No
Bagaimana pendapat Anda mengenai
Kriteria Pilihan
Tidak pernah
1
2
3
4
5
 Selalu
15
Saya menggunakan email untuk mengirim tugas yang diberikan oleh dosen







16
Saya  menggunakan  email untuk  mengirim  materi kepada teman







17
Saya  menggunakan  teleconference (chatting)  untuk berdiskusi tentang materi kuliah dengan teman







18
Saya  menggunakan  usenet  sebagai  sarana  untuk berdiskusi dengan teman kuliah







19
Saya  menggunakan  newsgroup  sebagai sarana untuk memberi  informasi  tentang materi  kuliah  kepada teman







20
Saya  menggunakan  File Transfer  Protocol  untuk mencari jurnal sebagai bahan referensi kuliah







21
Saya  menggunakan  telnet    untuk  berdiskusi tentang materi kuliah dengan teman







22
Saya  menggunakan  buletin board service (BBS)  sebagai  sarana  untuk mencari informasi tentang materi kuliah







23
Saya  menggunakan  web untuk mencari artikel sebagai sarana menyelesaikan tugas dari dosen







24
Saya  menggunakan  web  sebagai  sarana  untuk mencari bahan materi kuliah







25
Saya menggunakan  internet telephony  sebagai sarana untuk berdiskusi dengan teman kuliah








26
Saya menggunakan  internet fax  sebagai sarana untuk mengirimkan tugas kepada dosen










V.                Pada  bagian  ini  anda  diminta  memberikan  jawaban  terkait  pernyataan dibawah ini dengan cara memberikan tanda centang ( √) pada opsi jawaban yang tersedia.
Keterangan:

Tidak Pernah  : Belum pernah melakukan sama sekali
Jarang              : Pernah melakukan tapi hanya sekali dua kali
Kadang-kadang: antara jarang dan sering
Sering  : Melakukan berkali-kali namun terdapat selang waktu yang cukup jauh
Selalu  : Melakukan berkali-kali dengan selang waktu yang relatif pendek
No
Fungsi internet
Kriteria jawaban
Tidak pernah
Jarang
Kadang-kadang
Sering
Selalu
27
Saya  menggunakan  internet  sebagai  sarana  untuk
berkomunikasi antar teman, dosen atau orang lain





28
Saya  merasakan  kenyamanan  dan  kecepatan  dalam
Berkomunikasi melaui  internet  dengan sesama teman maupun dengan dosen





29
Saya  menggunakan  internet  sebagai  sarana  mencari
sumber informasi baik budaya maupun pendidikan





30
Saya  menggunakan  internet  sebagai  Perpustakaan
Digital





31
Saya  menggunakan  internet  sebagai  pengembang materi pembelajaran  yang  dikemas  dalam  bentuk pembelajaran elektronik





32
Saya  menggunakan  internet  sebagai  sumber  belajar
untuk mendapatkan materi pembelajaran elektronik (electronic  mail,  interactive  tutorials  on the web)





33
Saya menggunakan internet sebagai media tambahan
untuk  mengakses  materi  pembelajaran  elektronik
yang menjadi  materi  pengayaan  dan bersifat remedial dalam pembelajaran konvensional





34
Saya menggunakan internet sebagai media pelengkap
untuk  mengakses  materi  pembelajaran  elektronik
(menambah wawasan dan pengetahuan)





35
Saya  menggunakan  internet  untuk  sumber belajar   pengganti saat  saya  dan  dosen  tidak  bisa bertatap  muka







TERIMA KASIH

1 komentar: